.l.u.p.a.

Saya bukan mau ngebahas liriknya Kuburan Band yang berjudul Lupa-Lupa. Tapi, saya mau berbagi cerita tentang pengalaman saya yang sering kali melupakan sesuatu (pinjem istilah Syahrini). Sebelum lanjut ke ceritanya, saya sempatkan browsing apa sih sebenarnya definisi lupa itu.

Menurut KBBI online alias daring, lupa itu berarti: 1 lepas dr ingatan; tidak dl pikiran (ingatan) lagi; 2 tidak teringat; 3 tidak sadar (tahu akan keadaan dirinya atau keadaan sekelilingnya, dsb); 4 lalai; tidak acuh. Nah, tampaknya saya masuk kategori lupa no 2. 

Selama magang di Jakarta, saya sering kali melupakan beberapa hal. Pertama, saat pindah ke kosan baru, saya sering ‘kelewatan’ gang kosan. Padahal, saya udah di kosan itu lebih dari dua minggu. Kedua, ‘kelupaan’ Hard Disk External. Saya selalu bawa HD External ke kantor karena di situ saya menyimpan semua file-file kerja. Tapi, suatu hari saya lupa bawa HD itu. Alhasil, saya harus balik ke kosan lagi untuk mengambilnya. Untung jarak kosan dan kantor lumayan dekat. Ketiga, setiap weekend dua minggu sekali, saya biasanya balik ke Bandung, tempat kuliah saya. Minggu lalu, saat saya ke Bandung, saya lupa bawa alat ‘make-up’ kakak saya. Padahal, alat ini mau dipake buat dandan ke wisudaan ITB (hehe ;-)). Keempat, Selasa lalu, tempat minum saya ketinggalan di ATM Center. Saya ‘melupakan’-nya saat mengisi pulsa di ATM tersebut. Saya balik lagi ke ATM yang cukup jauh dari kosan saya itu. Untungnya, botol minum berwarna biru itu masih diam di atas mesin ATM. Itulah beberapa hal ‘lupa’ yang bisa saya ingat dan saya sharing-kan. Selebihnya, saya lupaa…

Karena beberapa kejadian ini, saya akhirnya merenung dan mencoba memahami kenapa saya bisa melupakan hal-hal itu. Setelah saya pikir-pikir, saya menyimpulkan bahwa saat kita lupa, kita berada dalam kondisi tidak fokus atau sedang banyak pikiran. Kita tidak fokus saat menjalankan suatu hal, sehingga kita melupakan hal lain. [#rumit]

Banyak pikiran, tentu saja bisa menyebabkan ‘kelupaan’. Mikirin ini, itu, yang di sana, yang di sini, sehingga kita melupakan yang dekat dengan kita [#rumit juga]. Selain itu, kesehatan yang menurun juga bisa membuat kita bisa lupa. Itu menurut pengalaman saya. Bagaimana denganmu?

Semoga setelah baca tulisan ini, Anda tidak lupa.. #eh

Hehe ;-) 

Tagged: ,

2 thoughts on “.l.u.p.a.

  1. taruko April 23, 2012 at 7:55 am Reply

    Syukur dek, masih inget klo pernah lupa.. hehe..😀

    • 1107's April 23, 2012 at 2:18 pm Reply

      hahaha, iya ya mas🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s