Kegembiraan

Cinta telah merebut semua perbuatanku

Dan memenuhiku dengan puisi

Aku mencoba untuk mengulanginya dengan tenang

Tak ada kekuatan  tapi engkau,

Tapi aku tak bisa,

Aku harus bertepuk tangan dan menyanyi.

Aku dahulu terhormat, suci dan teguh,

Tapi siapa yang bisa bertahan dalam badai ini

Dan mengingat hal-hal itu?

Gunung terus bergema jauh  di dalam dirinya sendiri.

Begitulah caraku memegang teguh suaramu.

Aku adalah potongan kayu bekas yang dibuang ke dalam apimu

Dan dengan segera mengurangi untuk berasap.

Aku menatapmu dan menjadi hampa.

Kehampaan ini, lebih indah dari pada keberadaan,

Ia melenyapkan keberadaan, dan ketika ia datang,

Keberadaan tumbuh dan menciptakan keberadaan yang lebih.

Langit itu biru. Dunia adalah orang buta

Yang berjongkok di jalan.

Tapi siapapun yang memandang kehampaanmu

Memandang melebihi biru dan orang buta itu.

Jiwa besar tersembunyi dalam diri seperti Muhammad, atau Yesus,

Berjalan melalui kerumunan dalam sebuah kota

Dimana tak seorang pun mengenalnya.

Memuji adalah memuji

Cara seseorang berserah

Kepada kehampaan

Memuji matahari adalah memuji matamu sendiri.

Pujilah, samudera. Apa yang kita katakan, kapal kecil.

Sehingga pengarungan-laut berlangsung dan siapa yang tau dimana!

Hanya untuk dijaga oleh samudera adalah keberuntungan terbaik

Yang kita punya. Itulah terjaga yang mutlak.

Mengapa kita harus berduka bahwa kita sudah tidur?

Tak peduli berapa lama kita tak sadar.

Kita terhuyung-huyung, tapi biarkan rasa bersalah itu pergi.

Rasakan gerakan kelembutan

Di sekelilingmu, kegembiraan.

 

*NB: Puisi ini adalah puisi yang saya terjemahkan sendiri. Judul aslinya adalah “Happiness” tapi saya lupa nama pengarangnya siapa😐

Tagged: , , ,

Leave a Reply

