Tentang PH atau PS…

NB: Bahasan ini ga serius-serius amat kok, cuma pas dengar kata-kata ini tadi jadi kepikiran buat men-share sedikit🙂

“Menikah bukan berarti masalah berakhir, tetapi menikah berarti awal dari banyak masalah. Jadi, sebelum menikah doakanlah pasangan hidupmu terlebih dahulu.”

Kutipan itu merupakan sepenggal khotbah yang disampaikan pengkhotbah di salah satu ibadah yang kuikuti Minggu ini. Sebagai manusia yang masih ‘single’ alias belum menikah, tentu berpikiran atau setidaknya pernah bermimpi akan menikah suatu saat nanti. Nah, manusia single ini juga pasti mendambakan seorang pasangan hidup (PH) atau pendamping selamanya (PS) yang sempurna (cantik, ganteng, bertanggung jawab, setia, kaya, pandai mengurus anak, dll). Intinya, seorang pendamping yang sempurna. Tak usah dipungkiri, saat menentukan siapa yang mau menjadi PH atau PS, faktor fisik menjadi alasan utama. Logikanya, siapa sih yang ga mau keturunannya nanti cantik atau ganteng, pintar, baik, dsb. ya kan?😉

Seringkali si manusia single ini lupa kalau Penciptanya menciptakan manusia berpasangan, kecuali memang ditakdirkan untuk tidak menikah. Ibarat gembok dan kunci, pasti hanya ada satu kunci yang dapat membuka si gembok, kecuali diduplikat yaa.. Artinya, sepasang manusia yang berjodoh pasti saling melengkapi satu sama lain.

Jadi, bagi yang masih single, tak usah khawatir. Ungkapan ‘jodoh di tangan Tuhan’ menurutku benar adanya. Kalau sepasang manusia sudah ditakdirkan untuk hidup bersama, bagaimana pun caranya mereka pasti bertemu dengan cara yang tak terduga.

Hubungannya sama ungkapan pengkhotbah tadi apa ya?

Jadi gini ceritanya, dari mana kita tahu kalau seseorang itu adalah pasangan hidup atau jodoh kita? Apakah sudah cukup karena memiliki visi yang sama, hobi yang sama, dan cocok? Belum tentu sob,..

Trus caranya gimana?

Caranya adalah rajin-rajinlah bertanya tentang siapa pasangan hidupmu atau jodohmu kepada Penciptamu, tentu saja melalui doa. Dia pasti memberitahu atau menujukkan di waktu yang tepat. Dan yang paling pasti, PH atau PS yang ditakdirkan Tuhan pasti pasangan yang sepadan, yang bisa melengkapi satu sama lain.

Eh, tapi ga cukup hanya berdoa aja sob.. Ada istilah mengatakan “Ora et labora” yang artinya berdoa sambil bekerja. Nah loh, apalagi nih?? Jadi ga cukup hanya berdoa aja sob. Coba bayangin, si single hanya berdoa terus di kamar yang terkunci tanpa memperluas pergaulan. Hmm, gimana caranya bisa ketemu jodoh? So, sambil berdoa, pergaualan harus ditingkatkan juga sob. Cuma, saat melirik seseorang, doakan dulu sob. Tanyakan sama Tuhan dulu, kalo yang sedang dilirik itu memang PS-mu pasti diberikan jalan kalau bukan pasti ditunjukin juga. Kalau bukan jodoh tapi terus ‘ngejar-ngejar’, kan lumayan capek juga tuh, capek hati sob..#ups

So, yang masih single belum double, ga usah khawatir tentang PH atau PS ya.. Dia sudah mengatur. Tinggal tekun ‘bertanya’ saja dan harus sabar karena hidup manusia sudah diatur oleh Penciptanya.

Sekian cerita hari ini semoga bermanfaat. Buat yang sedang bergumul atau galau dengan PS maupun PH-nya, boleh coba cara ini🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s