Catatan Pengkhotbah #1

Di kelas tempat aku mengajar, saat teduh selalu diadakan sebelum belajar. Dua kali seminggu, hari Selasa dan Kamis. Hari Kamis lalu (131128), kami membaca Pengkhotbah 4-7. Aku berbagi sedikit tentang Firman Tuhan yang ditulis Pengkhotbah di beberapa pasal ini kepada anak-anak. Setelah itu, aku meminta respon anak-anak tentang apa yang mereka baca dan dengar pada saat teduh kali itu. Ini adalah respon beberapa anak yang menurutku sangat menyentuh dan patut direnungkan.

“Sekarang aku tahu bahwa semua yang aku miliki adalah titipan Tuhan. aku tidak punya hak untuk menyombongkan diri karena aku lahir tidak membawa apa-apa dan aku pun akan pulang dengan tidak membawa apa-apa juga. Aku sekarang mengerti mengapa setiap hari harus selalu mengucap syukur atas segalanya, karena aku ga akan pernah tahu itu akan pergi atau diminta kembali oleh Tuhan. Aku pun juga mengerti kenapa aku harus belajar tidak menyia-nyiakan berkat Tuhan, karena aku tahu penyesalan selalu datang terakhir. Terima kasih Tuhan untuk semua berkat yang Kau berikan untuk hidupku.” -Audrey J A (Kelas 6 SD)

“Hari ini aku membaca Pengkhobah. Aku membaca kalau banyak sekali orang yang sia-sia. Tapi, banyak juga orang yang tidak sia-sia karena percaya kepada Tuhan. Jadi yang menjadi rema hari ini adalah untuk percaya Tuhan selalu.

Lebih baik orang miskin tetapi berhikmat dari pada seorang raja tua tetapi bodoh yang tidak mau diberi peringatan lagi.

Karena sebagimana mimpi banyak, demikian juga perkataan sia-sia banyak. Tetapi, takutlah akan Allah.

Tetapi lebih baik orang yang berhikmat kepada Tuhan daripada orang kaya yang sombong tidak berhikmat kepada Tuhan.

Banyak sekali harapan, tapi banyak sekali yang sia-sia. Tetapi, takutlah akan Tuhan” -Eunike Rorencia (Kelas 5 SD)

bersambung…

Tagged: , , ,

Leave a Reply

