Arti Hidup dan Keberhasilan

Hai! Selamat tahun baru! Meski sudah memasuki hari ke 23 di bulan pertama tahun 2014, tak salah untuk mengucapkannya. #maksa

Beautiful-Happy-New-Year-2014-HD-Wallpapers-by-techblogstop-26Di tahun baru ini, aku menyandang status baru. Eitts, tunggu dulu, statusnya bukan jadi pacar Orlando Bloom atau Nicolas Saputra ya #ngarep :p Tapi, aku sudah resmi jadi ‘job seeker’ atau sedang mencari pekerjaan baru. Nah, di saat-saat seperti ini ada banyak waktu untuk bersantai, ya menonton koleksi film, membaca, memasak, menyimak perkataan orang lain, mengingat-ingat kejadian yang berkesan dan juga merenung. Kira-kira beginilah hasil perenungan dan penyimakan yang lari-lari di pikiranku tentang keberhasilan dan hidup.

Suatu hari di seminar, seseorang bertanya kepada sang pembicara: “Pak, keberhasilan itu apa?” Kemudian beliau menjawab, “Saya merasa berhasil ketika saya bisa bermanfaat bagi banyak orang. Semakin banyak orang yang bisa saya bantu maka saya semakin berhasil.”

Saat menonton program ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi swasta, seorang calon kontestan ditanya tentang arti hidup. Lalu, ia menjawab, “Hidup itu adalah berbagi. Sama seperti musik, musik juga harus dibagi. Dinikmati banyak orang.”

Teringat di saat ulang tahun yang ke 22 tahun (cukup muda :p), aku merayakannya bersama beberapa teman SMA dan waktu itu aku sangat berniat untuk berbagi sukacita dengan orang lain. Aku putuskan untuk mengunjungi anak-anak jalanan di salah kolong jembatan Pasupati, Bandung (sebelumnya, aku sudah pernah berkunjung ke tempat ini). Aku membawa sedikit makanan. Dan, seperti biasa, aku selalu mendengarkan kisah-kisah mereka. Sebenarnya mereka butuh diperhatikan, didengarkan dan dikasihi atau istilah jaman anak muda sekarang “kurang kasih sayang”. Terlepas dari itu, aku sungguh riang gembira saat bersama mereka. Saat itu pula aku benar-benar tersadarkan bahwa hidup itu harus berbagi. Selama kita hidup selama itu pula kita berbagi. Dan mungkin itu juga yang menjadi tujuan hidup manusia setelah memuliakan Sang Pencipta yang Esa. Berbagi di sini bukan hanya berupa materi tetapi juga berbagi yang lain seperti berbagi ilmu dan luapan perasaan: bahagia, sedih, terluka, dan berbagi macam ekpresi perasaan lainya.

success_in_life_blog_freebeeBagaimana menurutmu, sudahkah kamu menemukan arti hidup dan keberhasilan itu?

 *Anyway, ini post ke 100 aku loh di wordpress :)*

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

