Mengapa Orang Kristen Harus Peduli Bangsa?

Semua orang yang percaya Yesus Kristus dan mengaku bahwa Dialah juruselamat pribadi satu-satunya adalah warga kerajaan Allah (Efesus 2:19). Dengan demikian, setiap warga kerajaan Allah harus tunduk di bawah kekuasaan dan kedaulatan Allah. Namun, meski sudah berstatus warga Kristus, orang-orang percaya atau orang kristen tidak langsung tinggal bersama Allah. Mereka masih ditempatkan di bumi untuk “mengusahakan” kesejahteraan bagi setiap orang. Oleh karena itu, setiap warga Kristus harus menjadi garam dan terang dimana pun ia berdiam sehingga nama Tuhan dipermuliakan di seluruh dunia.

Sebagai “warga Kristus” dan juga warga negara Indonesia, orang Kristen harus “mengusahakan” kesejahteraan bangsa Indonesia. Firman Tuhan berkata melalui Nabi Yeremia untuk orang-orang buangan di Babel berbunyi “Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraanya adalah kesejahteraanmu” (Yeremia 29:7). Tentu, Firman ini tidak hanya untuk orang-orang buangan saja, tetapi juga untuk orang Kristen saat ini. Hal ini bisa dimulai dengan mengusahakan kesejahteraan kota yang didiami saat ini. Lalu, orang-orang percaya bisa berdampak langsung mengusahakan kesejahteraan serta memberikan kontribusi nyata bagi bangsa.

Selain itu, khotbah Yesus di bukit jelas mengatakan bahwa orang Kristen adalah garam dan terang dunia. (Matius 5:13-16). Kehadiran garam dalam bumbu masak sangat penting, garam dapat memberi rasa pada makanan sehingga nikmat untuk disantap. Demikian juga sebaliknya, tak ada garam, makanan menjadi hambar. Menjadi “garam” berarti memberikan “rasa” bagi setiap orang, tentunya bagi bangsa Indonesia juga. Artinya, orang Kristen harus membawa perubahan dan dampak yang baik bagi bangsa sehingga bangsa ini boleh menjadi bangsa yang mengasihi Tuhan. Sebagai terang, orang Kristen harus bercahaya membawa kebaikan dan pencerahan kepada bangsa supaya benar nama Tuhan dipermuliakan melalui setiap perbuatan baik yang dilakukan orang-orang percaya.

Lebih lanjut, mandat Tuhan menyuruh orang-orang yang percaya kepadaNya untuk “menjadikan semua bangsa muridNya” (Matius 28:19-20). Untuk menjalankan perintah ini, setiap orang Kristen harus mengabarkan firman Tuhan. Nah, untuk menjalankan perintah yang satu ini, semua warga Kristus tidak serta-merta menjadi misionaris dengan mengunjungi pelosok-pelosok tanah air. Tetapi, orang Kristen bisa mengabarkan Injil melalui perbuatan dan sikap sehari-hari di tengah-tengah keluarga, gereja, masyarakat dan bangsa ini.

Mengapa Orang Kristen harus peduli bangsa? Firman Tuhan jelas mengatakan bahwa setiap orang percaya harus mengusahakan kesejahteraan dimana pun ia berada. Orang Kristen harus menjadi garam dan terang yang membawa perubahan, pencerahan dan dampak yang baik bagi bangsa. Warga Kristus harus mengabarkan berita baik yaitu Injil dimana pun dan apapun perannya. Sebagai warga Kristus, marilah kita peduli bangsa, berperan menciptakan kesejahteraan bagi bangsa sehingga mandat Kristus dapat terwujud yaitu menjadikan semua bangsa muridNya sehingga nama Tuhan dipermuliakan atas seluruh bumi.

 
*Tulisan ini dibuat untuk seleksi Kelas Menulis Angkatan VIII yang diasuh oleh Bang Samuel Tumanggor*

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s