Hidup yang Mengalir

Setaria viridis

“Seperti Sungai yang Mengalir” adalah kumpulan cerpen yang ditulis oleh pengarang Brazil, Paulo Coelho. Buku terbitan Gramedia Pustaka Utama tahun 2006 ini berisi cerita tentang buah pikiran dan renungan penulisnya. Cerita-cerita pendeknya berkisah tentang hidup, bagaimana kita memaknai hidup dan menghidupi hidup dengan bijak, damai dan cinta. Dan apapun yang terjadi dalam hidup, ia tetap mengalir seperti sungai.

           Coelho mengajarkan kepada pembacanya bahwa setiap kejadian hidup pasti ada hikmahnya dan pembaca bisa belajar dari setiap kejadian hidup. Ia bercerita lewat apa yang dilihat, didengar dan dialaminya sendiri. Selain itu, ia juga memberikan contoh bahwa kita bisa belajar banyak dari sekeliling kita.

           Hikmah yang saya petik dari membaca buku ini adalah bahwa hidup memang seperti sungai. Apapun yang terjadi dalam sungai itu, ia tetap mencari celah supaya tetap mengalir. Demikian juga dengan hidup, setiap hal dalam hidup baik suka maupun duka tetap harus dilewati. Dan, yang paling penting adalah setiap kejadian dalam hidup harus dimaknai sehingga ia tak hanya lewat begitu saja, tapi memberikan arti atau pun pelajaran berharga untuk memperbaiki kehidupan selanjutnya.

           Hidup yang mengalir juga berarti hidup yang bijak, penuh damai, cinta dan makna. Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang seperti ini. Namun, setiap orang biasanya lebih banyak menuntut orang lain untuk menjadi bijak, pembawa damai dan penuh cinta. Bila kita ingin memiliki hidup yang bijak, jadilah pribadi yang bijak. Bila ingin damai dan penuh cinta, berdamailah dengan hati dan jadilah pembawa damai dan cinta. Pada akhirnya, hidup memang terus mengalir. Tapi, biarlah ia mengalirkan damai dan cinta.

Tagged: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s